*Workshop Media Pembelajaran Tenjolaya*


Workshop media pembelajaran merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan baru kepada guru-guru agar dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dan membuat kegiatan belajar mengajar lebih efektif.

Atas inisiatif dari para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang sedang melaksanakan KKN berkolaborasi dengan mahasiswa FKIP Universitas Pakuan di kecamatan Tenjolaya melihat kurangnya pelatihan dan workshop pendidikan yang diadakan untuk para guru SD di kecamatan tersebut, maka direncanakan kegiatan workshop bekerjasama dengan trainer dari Komed, perencanaan yang melibatkan UPT Pendidikan kecamatan Tenjolaya bapak Kuswandi mendapatkan tanggapan yang positif, UPT mendukung sekali kegiatan ini, juga ketua K3S bapak Wawan Gunawan, di support penuh pak Nana Supriyatna, Kaur TU SMAN 1 Tenjolaya. Demikian semangatnya guru-guru di kec. Tenjolaya ini sehingga kegiatan terlaksana dengan lancar tanpa hambatan berarti.

Pelaksanaan kegiatan pada hari kamis, 3 Agustus 2017 bertempat di alula SDN Tegallangkap 2 gunungmalang kec. Tenjolaya. Acara dimulai 10.00 karena pemateri datang dari jauh, alhamdulillah langsung pembukaan oleh kepala SDN dan kepala UPT Pendidikan kec. Tenjolaya.

Materi pertama adalah motivasi guru abad 21, kriteria dan cara agar dapat menjadi guru abad 21, dibawakan dengan ringan oleh AKI dan dipandu oleh ibu Umi Barokah dengan diselingi ice braking Samurai, semangat para guru di Tenjolaya ini patut mendapatkan 2 jempol karena mengikuti workshop dengan baik.

Menjelang azan zhuhur kami beristirahat untuk menikmati makan siang yang telah disediakan panitia, suasana keakrabanpun terjalin dengan baik, harapan ke depan akan ada lagi tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Materi kedua disampaikan oleh ibu Umi Barokah tentang Edumagic, yg berisi teknik sulap yang bisa digunakan dalam pembelajaran dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, alat dan bahan yg digunakan juga sederhana, namun hasil yang didapatkan akan menjadi luar biasa dengan kreatifitas gurunya,

Setelah beberapa teknik edumagic disampaikan maka selesailah materi kedua walaupun belum semua peserta puas. Walaupun demikian terlihat para peserta dapat mengikuti sesi 2 ini dengan baik.

Terakhir adalah materi media pembelajaran yg disampaikan oleh ibu Rohmah, singkat dan padat penyampaian materinya dilanjutkan dengan pembuatan media pembelajaran secara berkelompok. Peserta sangat antusias dan berusaha membuat media pembelajaran yang terbaik, pada akhir materi seluruh kelompok pembuat materi pembelajaran mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

Pada penutup acara diserahkan kenang-kenangan untuk pemateri dari Dompet Dhuafa, serta sesi foto bersama para mahasiswa KKN dari UIN dan Unpak Bogor.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk semua, aamiin



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP