*Parenting di MI Raudhatul Athfal Meruyung Depok*


12 Agustus 2017 bertempat di masjid Al Mujahidin Meruyung diadakan kegiatan parenting untuk orang tua siswa MI RA, kegiatan ini merupakan kegiatan bersama pendampingan Sekolah Literasi Indonesia Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa tahun 2017. Pematerinya adalah Anita Indraningsih S.Pd.I dan fasilitator D.R. Hidayat, S.Pd.

Pelaksanaan parenting ini mengajak para orang tua untuk memahami dan dapat melaksanakan pendidikan sesuai dengan umur dan perlakuan yang diberikan kepada anak, pendidikan 70% merupakan tanggung jawab orang tua di rumah, perlakuan dan juga pembiasaan perlu sekali dilakukan di rumah, tips dan trik bagaimana orang tua memberikan perhatian, perlakuan dan sebagainya ditambah dengan sharing dengan orang tua menambah serunya kegiatan ini.

Acara baru bisa dimulai pada pukul 09.00 karena menunggu kedatangan orangtua siswa, namun disayangkan dari keseluruhan 200 orang tua, yang dapat hadir sekitar 70 orang tua bersama beberapa anak yang terpaksa dibawa sehingga suasana parenting menjadi ramai, pemateri sudah siap sejak 07.00, karena jadwal acara adalah 08.00, namun karena jumlah peserta masih sedikit maka acara diundur satu jam.

 Pembukaan acara dimulai dengan bersama membacakan ummul kitab Al Fatihah, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Yayasan H. M. Soleh, dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah MIRA Sholihah dan juga dari kepala RA, setelah acara sambutan dilanjutkan dengan materi parenting diarahkan oleh DR Hidayat dengan pembukaan untuk menyamakan persepsi tentang pendidikan anak serta memperkenalkan diri, dilanjutkan dengan materi utama yaitu parenting oleh ibu Anita yang membawakan dengan ceria dan menarik sehingga orang tua antusias sehingga acara berlangsung interaktif, dalam pemaparannya pemateri menjelaskan tentang tahapan perkembangan anak, karakter dan cara pendidikan nya, juga diselingi cerita motivasi tentang Dita yg menjadikan beberapa orang tua menitikkan air mata. Juga disampaikan ayat dalam Al Qur'an surah At Tahrim yang berbunyi "yaa ayyuhallazi na aamanu, ku anfusikum wa ahlikum naaro" yang mempunyai arti "hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka".

Akhir acara dilanjutkan dengan tanya jawab berkaitan dengan materi dan ditutup dengan doa bersama. Setelah membereskan peralatan parenting kamipun diajak untuk berkunjung ke rumah kepala MIRA untuk melepas lelah dan menikmati hidangan makan siang yg super lezat, sambil menikmati hidangan kamipun bersama membicarakan hal-hal berkaitan dengan kegiatan kami hari itu.

Demikian kegiatan parenting ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, semoga bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu untuk orang tua mendidik di rumah.

#laporan_parenting
Aki-120817

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP