Workshop Media Pembelajan dan Edumagic

Komed Proudly Present For Kombat

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayat Nya kepada seluruh makhluknya, shalawat dan salam kepada kekasih Allah nabi kita Muhammad SAW, alhamdulillah perhelatan perdana Komed Banten berhasil terwujud dengan baik, semuanya berkat sinergitas panitia dan juga pembimbing Komed Mba Nurul Aeni yang senantiasa memberikan suport dan motivasi tinggi sehingga panitia kecil yg dibentuk secara instant dapat berkoordinasi dan bekerja sebaik-baiknya sehingga sejak persiapan sampai pelaksanaan dan evaluasi semua terlaksana dengan baik.

Tahap persiapan panitia adalah pembentukan panitia, aki sebagai koordinator ditunjuk untuk membentuk tim panitia yg solid dari komed Banten. Dengan keyakinan kawan² yg daat mewujudkan rencana ini adalah kawan² yg dapat bekerjasama dan mempunya waktu luang serta kesempatan maka dipercayakan ketua adalah ibu Siti Rohmah, Sekertaris merangkap bendahara, juga narasumber edumagic, merangkap sie konsumsi, perlengkapan dan perijinan serta semuanya adalah ibu Umi Barokah yg begitu tulus dan sistematis dalam menggerakkan kepanitiaan workshop sehingga workshop dapat berjalan sesuai rencana. Selain itu wonder woman enerjik ibu Fitriawati yang bertindak sebagai sie acara, pembawa acara juga dirigen lagu Indonesia raya tak kurang hebatnya, sekaligus tim pencari donatur yang handal sehingga semua konsumsi peserta dan seluruh kegiatan tertanggulangi tanpa ada yg kekurangan, walaupun panitia tidak mengambil kontribusi dari peserta serupiah pun alias gratis, sebenarnya ada pa dede dan pa ical serta bu dadah, namun dikarenakan kesibukannya maka mereka tidak dapat membantu sepenuhnya kepanitiaan. Namun semua persiapan dan koordinasi dari panitia yg ada akhirnya tahap awal berjalan dengan baik.

Tempat pelaksanaan workshop adalah aula masjid Al Hidayah Modernland Kota Tangerang, atas bantuan dari ibu Umi yg dengan gigih membantu terlaksananya kegiatan workshop menggunakan aula dan seluruh peralatan tanpa biaya, alhamdulillah dengan ijin ketua yayasan Al Hidayah dan ketua DKM yang mendukung penuh kegiatan ini, persiapan yang lain adalah konsumsi yang awalnya kita hanya snack saja namun berkat usaha dan kerja keras panitia, kita  mendapatkan bantuan dari donatur sehingga konsumsi untuk makan siang bisa disediakan, alhamdulillah.

Tibalah saat workshop, panitia telah siap hadir sejak pukul 06.00, tim dari DD yang terdiri dari Bu Nurul, Bu Anita dan Bu Astari tiba di tempat jam 07.00, karena sempat keliling tangerang ke RSUD kabupaten Tangerang, bahkan awalnya akan ke tigaraksa lebih dulu namun dengan koordinasi perjalanan dapat lancar, lokasi Masjid Al Hidayah memang berdekatan dengan RSUD Kota Tangerang, ini yang menyebabkan driver DD tertukar lokasi namun bisa segera diatasi, panitia pada pagi hari sudah mempersiapkan segala sesuatunya, peserta mulai berdatangan, sambutan hangat dari tim komed untuk semua peserta menjadikan keakraban dan kekeluargaan antar komed makin terasa, namun sayang acara tidak bisa dimulai tepat waktu karena peserta lambat hadir, sehingga acara baru bisa dimulai pukul 08.40, kebiasaan di komed yg sedah membudaya adalah panitia siap namun peserta belum, semoga guru² yg biasa terlambat bisa berubah dengan adanya komed. Peserta yg terdaftar berjumlah 51 guru, alhamdulillah dengan persiapan yg tidak lama namun peserta sudah lebih dari kuota awal sejumlah 40 orang.

Mengawali kegiatan dengan pembukaan oleh ibu Fitriawati yg dengan semangat mengajak seluruh yg hadir dengan membaca basmallah, dilanjutkan dengan membacakan susunan acara serta langsung memimpin lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan perkenalan dan promosi komed kepada peserta oleh aki, dibawakan dengan sederhana dengan waktu yg terbatas, jadi hanya selintas saja diuraikan belum banyak yg diceritakan, namun bisa menarik minat peserta untuk mengikuti kegiatan komed online ataupun offline.

Materi berikutnya adalah media pembelajaran sederhana, seharusnya mba nurul namun karena mba nurul sedang dalam kondisi belum fit maka di gantikan oleh madam anita,  dengan singkat dan padat serta menarik, serta langsung melakukan praktek pembuatan media pembelajaran, hanya dengan waktu 30 menit peserta dapat membuat media pembelajaran yg beragam namun belum maksimal karena keterbatasan alat dan bahan.

 Materi berikutnya edumagic bersama ibu umi barokah yg heboh memberikan ice breakingnya dengan memecahkan soal tangan yg terikat dengan pasangan, lumqyan keringatan karena ada peserta yg kusut dalam tali bersama pasangannya, setelah diberitahu kuncinya jawabannya serempak "oooooo...gituuuu", dilanjutkan dengan sulap tali yg terpotong dengan cerita putusnya silaturahim, namun magic ...talinya bisa utuh kembali dengan tampa sambungan, gimana? Oke toooh. Bu Umi barokah gitu lhoo. Selanjutnya kertas yg digunting, modalnya kertas, lem dan gunting, sim salabim kertas yg satu bisa berubag menjadi lingkaran besar dan satu lagi berubah menjadi rantai kertas, amazing.. Pokoknya peserta mengikuti dengan antusias sambil sesekali kebingungan. Great job bu umi barokah.

Menjelang shalat zhuhur aktifitas dihentikan diteruskan dengan makan siang bersama, makan siang yg heboh karena bisa sambil ngobrol dan mendapat kawan baru, dilanjutkan langsung sholat zhuhur berjamaah.

Tepat jam 13.00 materi dilanjutkan dengan presentasi hasil karya media pembelajaran, terlihat peserta begitu trampil menjelaskan kegunaan masing² media pembelajarannya, tepat jam 14.00, acara di tutup dan dilanjutkan foto bersama, demikian kegiatan workshop di Banten yg perdana semoga perencanaan kegiatan ke depan akan lebih baik lagi.

Tambahan terakhir panitia dan pemateri diajak untuk mencicipi laksa tangerang, namun sayang karena waktu maka bu nurul, bu anita dan bu astari pulang ke bogor, padahal laksa tangerang terkenal lezat lhoo, akhirnya bu umi, aki, bu fitri dan bu rina mewakili semua menikmati laksa tangerang.

Tunggu aksi kombat selanjutnya, ikuti terus grupnya, ambil manfaatnya.

Salam kreatifitas.

#laporan kegiatan
Aki 260317

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP