Resensi Buku - Book share

Susah Itu Mudah

_Bebaskan hidup dengan cahaya_

Sebuah karya keren dari ```Ustadz Yusuf Mansyur```

Insight KUN FAYAKUUN

Penerbit Salamadani Bandung 2008

137 halaman

Buku ini merupakan buku spiritual motivasi untuk orang yg hidupnya "merasa" susah.

Ada 14 bab yg saling berkaitan dan semuanya memotivasi untuk kita yang sedang dilanda kesusahan hidup.

Secara garis besar kita harus pahami kesusahan dan kesenangan itu sebagai ujian atau azab, koreksi diri, evaluasi diri sehingga kita memahami kenapa Allah memberikan kesusahan atau kesenangan kepada kita. Kemudian sadari bahwasanya Allah akan mudah mencabut kenikmatan, kebahagiaan dan kesehatan kita atau apapun semudah mencabut toge. Jadi kita harus siap menghadapi semua ketentuan Allah. Kemudian Allah tidak akan meninggalkan kita, Dia selalu akan melindungi dan tetap memberikan kasih sayang-Nya. Tinggal kembali kepada hamba Nya yang tabah ataupun kuat menghadapi segala tantangan hidup.

Saat masalah datang, kemampuan kita mengelola masalah adalah hal tercepat untuk menyelesaikannya, kadangkala masalah bisa selesai dengan cepat, kadang pula bisa berlarut-larut tergantung kita mengelolanya, kuncinya kesabaran dan berserah diri. Saat itu juga merupakan waktu terbaik untuk mengambil pelajaran dari ketersudutan, saat kita tidak bisa menemukan jalan lain kecuali memohon kepada Yang Maha Kuasa.

Selanjutnya yg perlu digaris bawahi adalah manajemen kerugian, kenapa? Sangat penting, ikhlaskan semua yg telah hilang Allah akan menggantikannya dengan lebih baik, jangan pernah memperhitungkan _dulu saya adalah_ tapi kuatkan dan kukuhkan siapa saya sekarang, jadi jangan pernah melihat masa lalu.

Bagian akhir buku ini lebih mengutamakan bersyukur sebagai kekuatan yang akan menjadikan Allah menambah lagi nikmat yg diberikan.

_Setelah kesulitan pasti akan ada kemudahan, setiap persoalan pasti akan ada solusi, setiap yang berusaha pasti akan mendapatkan hasil_,

Jangan hanya meratap, berkeluh kesah, menyalahkan orang lain, berburuk sangka kepada orang lain, menuduh orang lain tidak suka kepada kita, perbuatan menghasut, mendendam, mencari kesalahan orang lain, menganggap rendah orang lain, selalu bermuka masam, cemberut, dan semua hal negatif yg tidak perlu aki tuliskan semuanya, hindari, hilangkan semuanya, semua permasalahan akan dapat diselesaikan dengan baik.

Perbanyak amalan dan perbuatan baik, jauhi perbuatan yg merugikan diri sendiri apalagi merugikan orang lain yang terpenting adalah, *susah senang itu biasa, asal ada iman.*

_Jika Allah menghendaki semua hal pasti akan terjadi._

_Semoga manfaat._





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP