Cara Mendongeng

Teknik Mendongeng

Cara yang baik untuk menuturkan dongeng, diantaranya :

1. Rangkaian kata dan efek suara yang disampaikan hendaknya kreatif agar tidak membosankan.
2. Lafal ucapan harus menarik, keras, dan jelas. Intonasi suara mengikuti alur cerita kapan saat bersuara keras atau lembut.
3. Suara boleh dibuat berbeda antar tokoh dan narator. Salah satu yang paling disenangi oleh anak-anak adalah menirukan suara.
4. Gerak tubuh dapat mempengaruhi cara mendongeng yang baik. Coba bayangkan bila kita hanya berdiri tegap tanpa ekspresi ketika mendongeng, membosankan bukan?
5. Gerakan tangan, kaki atau anggota tubuh lain saat menirukan tokoh atau menyesuaikan dengan alur cerita.
6. Ekspresi wajah juga mempunyai peranan penting terutama mata. Orang marah, gembira, atau bingung dan sebagainya dapat ditunjukkan melalui pandangan pendongeng.
7. Pilih jenis cerita sesuai dengan umur anak-anak. Untuk umur 3-8 tahun, usahakan mendongeng hal-hal lucu dengan penokohan hewan atau cerita-cerita fabel (hewan, tumbuhan, benda yang berbicara). Sedangkan untuk umur 8-12 tahun, dapat mendongeng tentang sejarah yang menampilkan jiwa patriotisme anak seperti cerita kepahlawanan atau tokoh heroik.

Yang perlu diperhatikan adalah memulai mendongeng dengan cara yang singkat, padat dan tepat agar dapat menarik perhatian si pendengar. Pembuka merupakan cerminan isi mendongeng yang baik. Buatlah cerita dongeng tidak perlu terlalu panjang. Sebab, batas konsentrasi anak terbatas. Anak cenderung cepat bosan dengan cerita yang terlalu panjang atau jalan cerita yang datar. Jika telah menampilkan satu adegan dalam cerita, usahakan menarik kembali perhatian anak-anak. Tingkatkan partisipasi anak dengan keaktifannya dengan memberi pertanyaan di sela-sela cerita. Ini dapat melatih pendengar dongeng untuk dapat menyimak setiap informasi yang Anda sampaikan dalam dongeng, dan menciptakan keterlibatan anak sehingga tidak hanya menjadi objek pasif saja.

Masih banyak faktor pendukung lain menjadi pendongeng profesional dalam arti kegiatan mendongeng sebagai profesi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP