PRINSIP-PRINSIP MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN


Mengutip Heinich yang dikutip oleh Sugyar dkk (2009), mengemukakan model perencanaan penggunaan media yang ke dalam 5 garis besar :

1.Analisa kelompok sasaran
2.Merumuskan tujuan pembelajaran
3.Manajemen kelas
4.Interaktif
5.Adanya evaluasi

media pembelajaran efektif, maka kita harus merencanakannya dengan mempertimbangkan 5 hal di atas

1.       Kelompok sasaran, kita harus analisa siswa yang akan kita ajar berdasarkan jenjang pendidikannya, jenis kelamin, gaya belajar, pengetahuan dasar, keterampilan dan sikap siswa Siswa SD kelas 1 pasti akan beda kebutuhannya dengan siswa kelas 4 Kesukaan mainan atau topik pembicaraan siswa perempuan dan laki-laki ada perbedaan Gaya belajar, ada yang kinestetik, auditori dan ada yg visual pengetahuan dasar juga sangat mempengaruhi, siswa yg akan kita ajari tentang pembagian. Jika siswa tersebut sudah faham perkalian maka akan lebih mudah memberikan pemahaman ketimbang yg belum faham

2.       Tujuan pembelajaran, dalam membuat media pembelajaran pastikan agar tujuan pembelajaran yg dijabarkan dalam bentuk indikator tercapai

3.       Manajemen kelas, dalam membuat media jg kita perlu pertimbangkan bagaimana penggunaannya di ruang memadai. termasuk jika kita membuat media pembelajaran digital, pastikan ada LCD, screen, listrik, dsb

4.        Interaktif, penggunaan media di kelas harus mampu mendorong siswa untuk memberikan respons dan umpan balik

5.       Evaluasi, untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian siswa akan tujuan pembelajaran dan kefektifan media atau cara mengajar guru, maka perlu dievaluasi

 Prinsip pemilihan media pembelajaran, faktor yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut ini :
1.       Dana, fasilitas, Peralatan,waktu dan sumber daya
2.        Persyaratan isi
3.        Kemampuan awal siswa
4.        Kesenangan / selera siswa
5.        Respon/umpan balik
6.       media sekunder

Dana , fasilitas dan peralatan, sebaiknya keluarkan dana seminim mungkin atau gunakan barang bekas atau manfaatkan sumber alam di sekitar kita

Persyaratan isi, kita perhatikan apakah indikator/tujuan pembelajaran merupakan hafalan, penerapan, keterampilan, penalaran, hubungan - hubungan atau pemikiran tinggi

Kemampuan awal siswa sebagaimna sudah dijelaskan di atas, pengetahuan awal siswa sangat mempengaruhi pemahaman siswa dalam pembelajaran berikutnya

Media sekunder, alias media cadangan. Biasanya pembelajaran akan berhasil jika kita menggunakan media yg beragam, mengingat siswa juga memiliki ragam gaya belajar

Prinsip memilih media pembelajaran ala Komed yaitu prinsip ACTTION

A = Acces : Alat dan bahan mudah ditemukan, media pembelajaran mudah digunakan, disimpan dan dipindahkan
C = Cost : Menyangkut dana, sumber daya dan waktu. Harus seminimal mungkin

T = Target : (sasaran) sudah dijelaskan pd poin di atas

T = Technology, ketersediaan peralatan, keterampilan menggunakan teknologi, dsb

I = Interaktif

O = Organization, perencanaan, sesuai tujuan, manajemen kelas

N = Novelty, kebaruan
Sesuai dengan selera anak zaman sekarang, kalau mereka lagi suka pokemon bisa gunakan tokoh itu untuk visualiasi

Sedangkan 4 tahap yg dilakukan dalam membuat media pembelajaran adalah

1.       Perencanaan
2.       Pembuatan
3.       Penggunaan

4.       Evaluasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP