PRINSIP-PRINSIP MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN
Mengutip Heinich yang dikutip oleh Sugyar dkk (2009), mengemukakan model
perencanaan penggunaan media yang ke dalam 5 garis besar :
1.Analisa kelompok sasaran
2.Merumuskan tujuan pembelajaran
3.Manajemen kelas
4.Interaktif
5.Adanya evaluasi
media pembelajaran efektif, maka kita harus merencanakannya dengan
mempertimbangkan 5 hal di atas
1.
Kelompok sasaran, kita harus analisa siswa yang
akan kita ajar berdasarkan jenjang pendidikannya, jenis kelamin, gaya belajar,
pengetahuan dasar, keterampilan dan sikap siswa Siswa SD kelas 1 pasti akan
beda kebutuhannya dengan siswa kelas 4 Kesukaan mainan atau topik pembicaraan
siswa perempuan dan laki-laki ada perbedaan Gaya belajar, ada yang kinestetik,
auditori dan ada yg visual pengetahuan dasar juga sangat mempengaruhi, siswa yg
akan kita ajari tentang pembagian. Jika siswa tersebut sudah faham perkalian
maka akan lebih mudah memberikan pemahaman ketimbang yg belum faham
2. Tujuan pembelajaran, dalam membuat media
pembelajaran pastikan agar tujuan pembelajaran yg dijabarkan dalam bentuk
indikator tercapai
3. Manajemen kelas, dalam membuat media jg kita
perlu pertimbangkan bagaimana penggunaannya di ruang memadai. termasuk jika
kita membuat media pembelajaran digital, pastikan ada LCD, screen, listrik, dsb
4.
Interaktif, penggunaan media di kelas harus
mampu mendorong siswa untuk memberikan respons dan umpan balik
5.
Evaluasi, untuk mengetahui sejauh mana
ketercapaian siswa akan tujuan pembelajaran dan kefektifan media atau cara
mengajar guru, maka perlu dievaluasi
Prinsip pemilihan media
pembelajaran, faktor yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut ini :
1.
Dana, fasilitas, Peralatan,waktu dan sumber daya
2.
Persyaratan isi
3.
Kemampuan
awal siswa
4.
Kesenangan / selera siswa
5.
Respon/umpan
balik
6.
media sekunder
Dana , fasilitas dan peralatan, sebaiknya keluarkan dana seminim mungkin
atau gunakan barang bekas atau manfaatkan sumber alam di sekitar kita
Persyaratan isi, kita perhatikan apakah indikator/tujuan pembelajaran
merupakan hafalan, penerapan, keterampilan, penalaran, hubungan - hubungan atau
pemikiran tinggi
Kemampuan awal siswa sebagaimna sudah dijelaskan di atas, pengetahuan
awal siswa sangat mempengaruhi pemahaman siswa dalam pembelajaran berikutnya
Media sekunder, alias media cadangan. Biasanya pembelajaran akan berhasil
jika kita menggunakan media yg beragam, mengingat siswa juga memiliki ragam
gaya belajar
Prinsip memilih media pembelajaran ala Komed yaitu prinsip ACTTION
A = Acces : Alat dan bahan mudah ditemukan, media pembelajaran mudah
digunakan, disimpan dan dipindahkan
C = Cost : Menyangkut dana, sumber daya dan waktu. Harus seminimal
mungkin
T = Target : (sasaran) sudah dijelaskan pd poin di atas
T = Technology, ketersediaan peralatan, keterampilan menggunakan
teknologi, dsb
I = Interaktif
O = Organization, perencanaan, sesuai tujuan, manajemen kelas
N = Novelty, kebaruan
Sesuai dengan selera anak zaman sekarang, kalau mereka lagi suka pokemon
bisa gunakan tokoh itu untuk visualiasi
Sedangkan 4 tahap yg dilakukan dalam membuat media pembelajaran adalah
1.
Perencanaan
2.
Pembuatan
3.
Penggunaan
4.
Evaluasi
Komentar
Posting Komentar